Kamis, 06 Oktober 2011

Tips untuk Kembali ke Pasar Kerja

Karena peningkatan kompetisi untuk pekerjaan yang lebih menjanjikan antara lulusan baru, yang berpindah pekerjaan, dan yang belum memiliki perkerjaan, banyak orang yang jatuh ke lobang dalam dan menghilang dari pasar kerja. Ini tidak masalah jika kamu merasa nyaman dengan perkerjaan sekarang atau berpikiran pindah pekerjaan untuk mengambil tantangan yang lebih besar. Namun, jika kamu sudah lama nganggur, perlu ada nya transisi untuk kembali ke pasar kerja agar mendapatkan "semangat kerja".

Saat perusahaan melakukan PHK, yang lain ada juga yang mencari pegawai baru lewat jalur informal. Ingat, untuk masuk ke pasar kerja, kamu harus mempertahankan kompetitifitas yang kamu miliki dengan mempelajari skill baru dan memperluas pengetahuan di bagian lain. Ini beberapa tips untuk memulainya:

1. Persiapkan Rencana

 Rencanakan bagaimana kamu akan mulai ke pasar kerja. Ketahui prioritasmu dan kemampuan khusus yang kamu perlukan dalam perkerjaan itu. Jika ingin cepat mendapat pekerjaan, bisa dengan bergabung di agensi profesional. Jangan lupa menjaga komunikasi dengan teman via facebook ato twitter, siapa tau mereka memiliki informasi berharga.

2. Pelajari Internet

Kamu harus memahami tren terakhir perkembangan IT di dunia. Jangan sampai tidak tau, apalagi gaptek. Bisa juga memulai blog ato profile site untuk menarik pekerjaan. Dengan banyak melakukan networking, kita bisa saja menemukan 'hidden job' yang tidak di iklankan, namun di bahas di chatbox atau bussiness conference.

3. Jadi ahlinya

Meskipun tampil di media bisa jadi cara cepat menarik perhatian publik, namun kamu bukan berarti harus tampil di "60 minutes" interview yang dibawakan Liz Hayes  untuk menunjukkan kamu ahli. Kamu bisa saja memasukkan artikel di koran atau di website yang populer. Mungkin tidak lama kemudian telpom anda akan berbunyi dan menawarkan pekerjaan yang perspektif untuk kamu.

4. Bertanyalah
Seperti yang diketahui, bertanya akan menunjukkan kamu jawaban yang kamu cari. Bertanyalah kepada orang-orang yang bekerja di bidang yang kamu incar. Misal kamu tertarik programming, bertanyalah pada orang di bidang IT. Semakin banyak kamu bertanya, maka akan semakin besar 'key' yang kamu dapatkan untuk mengetahui kemampuan yang diperlukan di bidang itu.

5. Update Resumu-mu (CV)

Jika dilakukan dengan benar, resume mu menceritakan tentang kamu. Faktanya, CV yang ditulis dengan rami, cermat, dan teratur dapat menunjukkan bahwa kamu adalah pekerja potensial yang diperlukan pekerjaan itu.

 Adapted from www.thejobware.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar