Selasa, 05 April 2011

Rapat Mahasiswa Prodi

Image082 Evaluasi pertanggunjawaban ketum. Apakah arti dr kata itu? Apa yg menentukan diterima n tdkny lpj ketum? Itulah yg menjadi pikiran saya yg 'tdk tau apa2 tentang organisasi'.
Bbrp hari yg lalu,saya dan pengurus saya mengadakn rmp,rapat mahasiswa prodi utk mempertanggungjwbkn dan memperoleh evaluasi dr anggota utk hal2 yg telah kami lakukan dalam 1thn kepengurusan. Kami menyambut baik acara ini. Kami bahkn mengeluarkn anggaran yg tidak sedikit hanya utk konsumsi acara. Menurut saya bahkn itu adalh anggaran konsumsi terbesar untk acara rmp dlm 1hr. Kami tidak prnah sdikitpun menganggap acara ini sebagai sebuah acara yg remeh dan tdk penting. Yah,itu yg kami pikirkan.
Namun ternyata tdk seperti itu apa yg orang lain pikirkan. Mereka menganggap bahwa kami menggangap rmp adalah acara yg tdk penting. Mereka mengganggap kami main2. Bahkan mengatakan lpj yg kami buat adalah utk main2. Sebegitu rendahnya kah kami dimata kalian? Atau hanya saya yang kalian anggap rendah? Apakah karena saya tidak serius? Terlalu santai? Terlalu byk tertawa? Maaf karena saya org yg tdk menyukai hal yg rumit dan serius,namun selalu 'berusaha' melakukan yg terbaik.
Yah,brdasarkan 'aturan organisasi',evaluator tetap memegang kuasa tertinggi,jadi kami,para pengurus,seperti dianggap bukan apa2 oleh mereka. Mereka mempunyai pemikiran yg berbeda. Pemikiran yg jauh lebih 'baik dan benar' dibandingkan pemikiran kami.
Namun,saya juga senang krn rmp ini juga 'sempat' brjalan sesuai harapan saya. KINERJA kami benar benar dievaluasi. Sayangny,bbrp saat kemudian,yg dievaluasi adalah LPJ. Ya,tdk lg KINERJA namun LPJny lah yg dievaluasi. Saya senang juga koq kami diberikan masukan mengenai cara membuat lpj yg baik dan benar,tp apakah KINERJA kami hanya dilihat dari LPJ kami???
Walaupun begitu,rmp telah slsai dan keputusan para anggota adalah VISI DAN MISI HANYA TERCAPAI 50%. Saat saya mncoba mencari tahu knp jadi diputuskn sprti itu,saya memperoleh kenyataan yg mengejutkan. Keputusan itu dikarenakan DI POINT2 VISI MISI YANG DIANGGAP TIDAK BERHASIL LPJNYA BANYAK SALAH. Jadi,apakah keberhasilan KINERJA hanya berdasarkan LPJ? Entah brp kali saya sudah mengulang pertanyaan itu.:-).
Utk kedepan,saya harap ada kejelasan mengenai pencapaian,dan diterima-tidakny sebuah LPJ. Jika hny dinilai dr LPJ,brarti jika lpj tdk diterima maka yg gagal adalh HANYA ketua umum dan sekretaris umum.,dan para pengurus ttp berhak memperoleh sertifikat. Namun jika yg dinilai benar2 KINERJA, maka jika lpj ditolak,boleh kalau mengganggap sluruh pnguruslah yg gagal.
Sekali lg,jika yg perlu dilihat adalah LPJ SAJA, maka TIDAK PERLU diadakn RMP. Toh nampakny semua jwban yg saya brikan dlm RMP tidak ada efekny dlm DITERIMA-TIDAKNY lpj saya.
Ini adalah pelajrn penting utk kita smw. Smoga lbh baik utk kedepanny. Utk yg trakhir,saya ingin mengatakan TAMPAKNY BUKAN SAYA YANG MENGGANGGAP REMEH RMP DAN MAKNANYA,TP KALIAN PARA EVALUATOR KRN PD AKHIRNY KALIAN HANYA MELIHAT LPJ SAJA, TANPA MELIHAT KINERJA DAN PERJUANGAN KAMI DALAM SATU PERIODE KEPENGURUSAN INI.

Maaf jika ada pihak yg tersinggung atas pernyataan saya ini. Saya harap saya mendapatkan MASUKAN yg dapat meluruskan pertanyaan saya diatas.

Sekali lagi maaf dan terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar