Sabtu, 26 Maret 2011

Apa Jenis Kulitmu dan Bagaimana Merawatnya

Yah, walau wajahku gag begitu cantik (karena aku cakep..hihi), ku mau bagi2 tips tentang kulit wajar nih..

pertama, sebelum kita melakukan perawatan terhadap kulit kita, tentu kita harus tau dlu apa jenis kulit kita. Caranya gampang aja. Pas pagi2, sebelum mandi, ambil tisu wajah dan bersihkan wajah. Klo banyak bekas minyak, berarti wajahmu tipe kulit berminyak. Klo cuman sedikit, berarti kulit normal. Klo yang berminyak cuman di jidat ma hidung, tetapi di pipik nggak, berarti kulit kombinasi. And klo gag ada sama sekali pastinya kulit kering..

Nah, karena udah tau jenisnya, sekarang kita belajar merawatnya..

Kulit Normal

Kulit normal tuh yang paling ideal. Yang menyebabkan ideal itu karena jumlah minyak di kulitnya seimbang. Minyaknya gak terlalu banyak, jadi gak terlihat mengkilap, dan gak terlalu dikit juga. Pori2nya keliatan, tapi gak terlalu besar. Biasanya kulitnya lembut dan jarang kena jerawat (Senangnya..) Tapi tetep juga perlu dirawat biar kulit wajahmu terlihat sehat. Bersihkan pake facial scrub sakali seminggu. Pake sabun lembut yang pH nya seimbang  buat membersihakn kotoran di permukaan kulit. Pake pelembab berbahan dasar air biar kulit tetep segar..

Kulit Kering

Kulitmu terasa kaku setelah mandi? Klo iya berarti kamu termasuk jenis kulit kering. Biasanya kulit juga tipis dan flek. Walau kamu bisa aja nyalahin faktor hormon, tp kamu juga harus memperhatikan faktor luar. Biasanya terlalu sering mencuci wajah ato berada di ruang ber-AC terlalu lama bikin kulit kering. Untuk mengatasinya, pake aja pelembab berbahan dasar misnyak ato cream. Sunscreen ma masker juga bisa. Maskernya bisa alpukat, pepaya, atau putih telur dan madu. Klo minum vitamin E lebih bagus lagi. Yang pasti hindari menggusap wajah terlalu keras..

Kulit berminyak

Lagi-lagi, hormon terutama pas lagi masa puber yang nyebabin tipe kulit ini. Akhirnya, kulit jadi terasa lengket dan terlihat mengkilap. Yang menyebalkan, biasanya tipw kulit ini punya pori2 yang besar. Alhasil kuman dan kotoran gampang masuk dan jadilah jerawat. Untuk mengatasinya, cuci wajah dengan sabun lembut dan air hangat, serta gunakan pembersih wajah. Pake pembersih yang tanpa alkohol membantu membersihkan wajah dari sisa sabun. Yang pasti, jangan pake pelembab berbahan dasar minyal ya…

Kulit Kombinasi

Banyak orang yang punya jenis kulit ini. Kombinasi kulit normal di pipi dan kulit berminyak di jidat dan hidung atau biasa disebut T zone. Nha, di T zone inilah yang sering timbul jerawat. Akibatnya kita harus pake perawatan dua kali. Pake cream di pipi dan pelembab berbahan dasar air di jidat dan hidung..

 

Apapun jenis kulitmu, yang penting selalu bersihkan wajahmu dan pilih pembersih dan pelembab yang sesuai..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar