Selasa, 28 Februari 2012

Mau Lulus....

Udah jadi rahasia umum di P.Matematika UNS nih. Mau masuk di prodi ini susah, keluarnya juga susah. Rata2 masa kuliah aja lbh 4,5 tahun. Padahal klo di jurusan lain, klo kuliah 4 tahun itu standar. Lebih 4,5 tahun sudah termasuk telat. Lha, sedangkan kami, angkatanku aja yang pas tepat waktu 4 tahun cmn 2 orang. Yang 4,5 tahun 5orang. Yang lainnya sebagian sekarang, sebagian yang lain, termasuk aku, masih 1 semester lagi. Berarti kami termasuk yang 'telat sekali' donk y?

Apa ya penyebabnya? Dulu kakak tingkat pernah ditanya gini mas mau ngurus ijin penelitian. "Kok semester sekian baru mau penelitian mas? Ni sebenarnya yang salah mahasiswanya atau dosennya?". Ni pertanyaan yang susah banget. Klo yang dibilang bodoh mahasiswanya, padahal P.Matematika memiliki 'kebanggaan' sebagai yang memiliki passing grade dan tingkat keketatan yang tinggi. Tapi kalau yang dibilang salah dosennya, padahal UNS adalah universitas yang dikatakan memiliki dosen yang 'berkualitas'. Bahkan FKIP sendiri adalah lembaga yang membentuk 'pendidik berkarakter kuat dan cerdas'. Hebat banget kan. Ga mungkin klo ada yang salah. Akhirnya, kalau ada yang salah, maka yang DISALAHKAN adalah mahasiswanya..

Apa ini berarti kami pantas di cap 'bodoh' atau sejenisnya. Kalau kami sendiri jelas ga terima donk. Tapi 'standar' yang dibuat orang sudah terlanjur mendarah daging. Gag bisa diapa-apain lagi. Coba aja tanya ke orang2 luar. Sebagian besar, bahkan mungkin semua, dari mereka pasti bilang itu salah mahasiswanya. Mereka bilang pasti mahasiswanya yang gag serius kuliah dan lain sebagainya. Yah, kami yang berada di posisi tertindas malah dipersalahkan. Yah, memang sih ada juga mahasiswa yang begitu, tapi bukan berarti bisa digeneralisasi jadi seperti itu kn?

Disini, ku cuma bilang bahwa sebenarnya kejadian ini menjadi tanggungjawab kedua pihak, yaitu mahasiswa dan dosen juga. Dosen ga bisa langsung menyalahkan mahasiswa yang lama mnegerjakan skripsi dan seminarnya. Tapi mahasiswa juga ga bisa pengen dibantu terus penenlitiannya. Jangan juga malas memulai, karena itu berarti kesalahan kalian.

Yah, hari ini, ku harus mulai lagi mencari materi untuk seminar karena ternyata materi yang ku pilih masih terlalu sulit untuk KU. Kalau ku masih semester 6, mungkin katanya masih cukup waktu untuk menyelesaikan seminar dengan materi itu. Tapi karena ku sudah semester 10, sudah 2 semester telat, ku disuruh nyari materi lain yang lebih gampang. Semoga bisa deh. Amin..hehe

1 komentar: